• Administrator
  •  
    Untuk Member Baru
    1. Aktivasi member by email (cek di folder spam ) email bodong tidak di terima
    2. id baru untuk buat thread min 10 post dahulu atau di approve oleh Moderator
    3. Pm bisa di lakukan jika sudah 10 post
    4. memberikan reputasi min 500 post
    5. lupa pass kirim kan id anda ke email adm.celapcelup@gmail.com
    6. Menjadi donatur bisa PM vulnerable
    7. Mohon Jaga Ucapan dan jangan semau Gue , hargai member lain nya
    8. berforum dengan baik dan bijaksana
    9. Dilarang berjualan , narkoba , dan lain-lain yang melanggar hukum yg berlaku di indonesia
    Selamat Datang celupcelup.com
     
/lucu Clupers,Pihak Forum membuka kesempatan bagi agan agan yang ingin berkontribusi untuk perkembangan Forum.
Cara MENJADI DONATUR, Silahkan berkunjung ke Lounge Informasi Donatur << bisa di KLIK . Terima Kasih

Sejarah dan Spesifikasi Mobil Balap Formula 1

Formula F1 , Rally , Dakar
Post Reply
User avatar

Topic author
Vulnerable
MODERATOR
MODERATOR
Posts: 850
Joined: 10 May 2018, 17:23
Reputation:
Contact:

Sejarah dan Spesifikasi Mobil Balap Formula 1

Post by Vulnerable » 17 Jul 2018, 02:22

Image

Formula 1 adalah satu perangkat aturan teknis untuk balap mobil kursi tunggal (single seater) yang diumumkan oleh Federation Internationale de l'Automobile (FIA), lembaga tertinggi yang bertanggung jawab atas segala jenis olahraga otomotif. Aturan tersebut dibuat tahunan serta menjelaskan secara rinci ukuran maksimal dan minimal kapasitas mesin, aturan teknis, dan aturan keselamatan pembalap serta penonton. Mobil yang dibangun dengan aturan ini disebut dengan mobil Formula 1 dan perlombaan yang menggunakan mobil tersebut dinamakan balap mobil Formula 1. Selain itu ada spesifikasi kelas lainnya dari FIA, seperti F-3 dan F-3000. Namun Formula 1 adalah tingkat kompetisi tertinggi di Indonesia.
SpoilerShow
Formula Satu, disingkat F1, adalah kelas balapan mobil formula tempat duduk tunggal yang tertinggi. Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix.
Setiap pembalap yang ikut ambil bagian dalam kompetisi Formula 1, baik sebagai pembalap utama maupun cadangan wajib memiliki super license, sebuah tanda masuk bagi calon pembalap Formula 1 yang dikeluarkan FIA. Untuk mendapatkannya seorang calon pembalap diharuskan mengendarai mobil Formula 1 sepanjang 300 km dan disaksikan oleh wakil dari FIA.

Teknologi mesin balap semakin meningkat. Dimulai Prof. Ferdinand Porsche, kepala desainer Auto Union, yang menciptakan mesin 4400 cc bertenaga 295 dk. Mercedes ikut bereaksi dengan mesin 4700 cc yang berkemampuan 470 dk. Auto Union menambah kapasitas mesinnya menjadi 6000 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 520 dk. Puncaknya pada 1937 ketika Mercedes merilis W125. kapasitas mesin 8 silinder ini mencapai 5600 cc dan menghasilkan tenaga 580 dk. Supercharger sebagai komponen pendongkrak tenaga sudah lazim dipakai. Kelanjutan balapan ini sempat terhenti saat masa perang dunia I dan II. Baru pada 13 Mei 1950 balap F1 resmi digelar di sirkuit Silverstone, Inggris. Kompetisi dibuka Raja George VI dan Putri Elizabeth. Dilomba ini pula istilah Grand Prix diperkenalkan.

Beberapa Sirkuit Arena Balap F1 Yang Indah Penampakannya

1. Circuit de Monaco-Monte Carlo, Monaco

Image

Sirkuit yang berada di sebuah negara kecil ini terbilang indah karena selain ajang balap digelar di jalan raya, sekeliling sirkuit penonton plus pembalap akan disuguhi pemandangan laut indah. Sirkuit ini kali pertama dipakai pada 1929 lalu saat Grover Williams keluar sebagai juara kali pertama saat mengemudikan Bugatti.

2. Autodromo di Monza – Monza, Italia

Image

Sirkuit ini berada di sebelah utara Milan. Kota ini sangat indah dan menyimpan banyak sejarah duna. Pengunjung sebelum menyaksikan balapan, bisa menikmati bangunan-bangunan tua di sana. Maklum, dulunya Monza merupakan salah satu kota tersibuk dengan banyaknya berdiri perbankan di abad pertengahan. Selain itu, pengunjung juga bisa berbelanja, mengingat Monza juga terkenal dengan produk fashionya.

3. Circuit Gilles-Villeneuve – Montreal, Kanada

Image

Berikut daftar juara dunia Formula 1
SpoilerShow
2017 - Lewis Hamilton (Britania) Mercedes
2016 - Nico Rosberg (Jerman) Mercedes
2015 - Lewis Hamilton (Britania) Mercedes
2014 - Lewis Hamilton (Britania) Mercedes
2013 - Sebastian Vettel (Jerman) Red Bull
2012 - Vettel, Red Bull
2011 - Vettel, Red Bull
2010 - Vettel, Red Bull
2009 - Jenson Button (Britania) Brawn
2008 - Hamilton, McLaren
2007 - Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari
2006 - Fernando Alonso (Spanyol) Renault
2005 - Alonso, Renault
2004 - Michael Schumacher (Jerman) Ferrari
2003 - Schumacher, Ferrari
2002 - Schumacher, Ferrari
2001 - Schumacher, Ferrari
2000 - Schumacher, Ferrari
1999 - Mika Hakkinen (Finlandia) McLaren
1998 - Hakkinen, McLaren
1997 - Jacques Villeneuve (Kanada) Williams
1996 - Damon Hill (Britania) Williams
1995 - Schumacher, Benetton
1994 - Schumacher, Benetton
1993 - Alain Prost (Prancis) Williams
1992 - Nigel Mansell (Britania) Williams
1991 - Ayrton Senna (Brazil) McLaren
1990 - Senna, McLaren
1989 - Prost, McLaren
1988 - Senna, McLaren
1987 - Nelson Piquet (Brazil) Williams
1986 - Prost, McLaren
1985 - Prost, McLaren
1984 - Niki Lauda (Austria) McLaren
1983 - Piquet, Brabham
1982 - Keke Rosberg (Finlandia) Williams
1981 - Piquet, Brabham
1980 - Alan Jones (Australia) Williams
1979 - Jody Scheckter (Afrika Selatan) Ferrari
1978 - Mario Andretti (AS) Lotus
1977 - Lauda, Ferrari
1976 - James Hunt (Britania) McLaren
1975 - Lauda, Ferrari
1974 - Emerson Fittipaldi (Brazil) McLaren
1973 - Jackie Stewart (Britania) Tyrrell
1972 - Fittipaldi, Lotus
1971 - Stewart, Tyrrell
1970 - Jochen Rindt (Austria) Lotus
1969 - Stewart, Matra
1968 - Graham Hill (Britania) Lotus
1967 - Denny Hulme (Selandia Baru) Brabham
1966 - Jack Brabham (Australia) Brabham
1965 - Jim Clark (Britania) Lotus
1964 - John Surtees (Britania) Ferrari
1963 - Clark, Lotus
1962 - Hill, BRM
1961 - Phil Hill (AS) Ferrari
1960 - Brabham, Cooper
1959 - Brabham, Cooper
1958 - Mike Hawthorn (Britania) Ferrari
1957 - Juan Manuel Fangio (Argentina) Maserati
1956 - Fangio, Lancia/Ferrari
1955 - Fangio, Mercedes
1954 - Fangio, Mercedes/Maserati
1953 - Alberto Ascari (Italy) Ferrari
1952 - Ascari, Ferrari
1951 - Fangio, Alfa Romeo
1950 - Giuseppe Farina (Italia) Alfa Romeo

Jumlah juara:

7 - Schumacher
5 - Fangio
4 - Prost, Vettel,Hamilton
3 - Brabham, Stewart, Lauda, Piquet, Senna,
2 - Ascari, Graham Hill, Clark, Fittipaldi, Hakkinen, Alonso.
Sejarah Balapan Formula 1. Balapan pertama diikuti 105 peserta dengan kendaraan single seater dengan penggerak roda depan. Meskipun dilengkapi supercharger, mobil masih sulit dikendalikan di trek. Pembalap legendaris yang muncul adalah Juan Manuel Fangio. Ia menjuarai beberapa kejuaraan memakai Alfa Romeo, Mercedes, Ferrari dan Maserati. Pada tahun ini pula Ferrari sebagai pabrikan asal Italia, menorehkan sejarah. Pembalap Ascari, Fangio dan Hawthorn berhasil menarik perhatian publik dengan menjuarai beberapa GP di rentang 1952-1958.

Perubahan mulai muncul di era 1954-an. Salah satunya pergantian gerak roda belakang. Perubahan ini juga membuat keuntungan di titik gravitasi yang lebih rendah. Konsekuensinya posisi pengemudi menjadi lebih rebah. Sasis monokok diperkenalkan Colin Champman pada 1963 di mobil 25/33. kendaraan ini pula yang sempat mendominasi beberapa lomba dengan pembalap Jim Clark.

Seperti era sebelumnya, pada dekade 1970-an ditandai dengan kemajuan revolusioner teknologi balap. Setidaknya tercatat 3 inovasi baru dibidang ini. Yaitu revolusi aerodinamika, peranti turbo dan siluet chassis. Peran aerodinamika mulai mendapat perhatian dimusim 1968. Peran mesin menuntun kemampuan bentuk sasis yang prima. Ketika itu Ferrari mempelopori pemakaian sayap (wing) dimobil 312 pacuannya. Hal ini merupakan perubahan signifikan karena sebelumnya seluruh mobil F1 berbentuk seperti cerutu.

Dengan revolusi aerodinamika ini, daya tekan mobil ke aspal bertambah meskipun bergerak pada kecepatan tinggi dan berada di tikungan. Ditambah bagian bawah chassis yang dibentuk sedemikian rupa agar mampu mengalirkan udara lebih lancar. Pada dekade ini Jackie Stewart dan Niki Lauda muncul sebagai penguasa. Keduanya berhasil menjadikan balap F1 makin digemari penduduk dunia. Terbukti pihak sponsor berlomba lomba untuk berpromosi di ajang tersebut.

Melangkah ke tahun 1980-an, teknologi mesin turbo makin berkembang. Jika pada 1977 Renault mampu mencapai tenaga sebesar 500 dk, mesin satria 4 silinder tahun 1985 mampu menghasilkan 5000 dk. Dengan ini pula NARIMO menjadi juara dunia 1985 dengan Brabham BT54. Kecelakaan yang menewaskan Gilles Villeneuve pada 1982 menandai bahayanya sebuah balapan F1.

Tuntutan fisik dan mental yang prima adalah hal yang tak bisa ditawar tawar lagi. Pembalap professional harus lebih disiplin. Keadaan tersebut tidak membuat nyali pembalap ciut. Terbukti di era 1980-an ini muncul legenda baru Ayrton Senna. Pembalap Brasil ini kemudian menjadi simbol kebangkitan pembalap F1 Modern. Sayangnya, sebuah kecelakaan fatal telah merenggut nyawanya di tikungan Tamburello, Imola pada 1994.

Balap F1 semakin populer, dunia menjadikan kejuaraan ini sebagai simbol balap mobil dunia. Para pembalap menjadi tokoh selebriti dunia dan memiliki jutaan fans. Michael Paimo Sex layak dijadikan simbol erdunia, lahan balap ini menjadi perhatian sentral. Kegiatan ekonomi dan keuangan banyak terlibat di dalamnya. Munculnya tim-tim papan atas yang kuat dapat dijadikan indikator.

Pada milenium ketiga, teknologi balap melangkah lebih jauh. Aerodinamika mendapat banyak perhatian. Namun yang utama penggunaan komponen komponen elektronik makin berperan vital. Termasuk dengan cara mengadopsi teknologi luar bumi.

SpoilerShow
Lalu apa lagi yang baru di Balap Formula 1 tahun 2017? F1 sudah bukan dipegang oleh sang bos Bernie Ecclestone. Kini pengelola komersial balapan ini dipegang pihak Liberty Media
Catatan Waktu
SpoilerShow
Dengan perubahan di bagian sasis kendaraan dan ban, terjadi juga perubahan di sektor aerodinamika yang menjadi semakin meningkat. Akibatnya, mobil-mobil yang melaju, catatan waktunya menjadi semakin cepat. Contoh nyata terjadi dalam uji coba prakompetisi di Barcelona, Spanyol. Dimana perolehan waktu tercepat untuk satu putarannya, lebih cepat dari perolehan waktu tercepat di musim-musim sebelumnya sejak tahun 2007.
Kecepatan waktu itu didapat saat mobil balap melahap tikungan. Dengan bentuk mobil yang lebih datar, semakin mendatangkan downforce dan cengkeraman kendaraan. Kondisi ini membuat pembalap mendapat daya tekan (G-force) yang berlebih. Kemudian kecepatan di lintasan lurus akan semakin berkurang, namun pembalap dapat mempertahankan tarikan mobil mereka lebih panjang.
“Sungguh luar biasa, saya seperti anak kecil sedang main roller-coaster saat melewati tikungan. Mengemudi jadi semakin baik dari sebelumnya,” puji juara dunia tiga kali F1 dari tim Mercedes, Lewis Hamilton terkait perubahan bentuk kendaraan musim ini.
Ban
SpoilerShow
Ban yang semakin gemuk, karena ukurannya diperbesar dari 325 mm menjadi 405 mm untuk bagian belakangnya. Ban di bagian depan, dari 245 mm menjadi 305 mm, namun ukuran rodanya tak mengalami perubahan.
Pabrikan ban Pirelli yang memasok untuk balapan F1 meyakini, perubahan ukuran tersebut membuat kendaraan bakal memiliki daya cengkeram (grip) yang bertambah hingga 25%.
Selain mendatangkan grip, ban menjadi lebih awet tak cepat menipis. Itu artinya pembalap lebih lama berada di lintasan, dan jumlah pergantian ban di pitstop semakin sedikit. “Rasanya kita akan melihat sejumlah balapan, dimana tim hanya menggunakan strategi satu kali pitstop,” ungkap Kepala Balapan Pirelli, Paul Hembrey.
Aerodinamika
SpoilerShow
Dengan perubahan bodi yang melebar, bagian sayap depan juga ikut terevisi ukurannya. Dari hanya 1.650 mm bertambah menjadi 1.800 mm. Kemudian sayap belakang juga menjadi lebih lebar namun posisinya lebih rendah, membuat mobil balap jadi tampilannya semakin agresif.
Ukuran mobil semakin besar, panjang dan lebih berat. Berat mobil F1 musim ini 20 kg lebih berat dibandingkan musim lalu.
Bahan Bakar
SpoilerShow
Konsumsi bahan bakar di mobil F1 naik 5 kg menjadi 105 kg. Ini dikarenakan pemakaian bahan bakar menjadi agak boros karena mobil mendapat kelebihan di daya cengkeram.
Juara F1
SpoilerShow
Di musim balapan kali ini, kita juga tak akan melihat sang juara bertahan alias juara dunia musim lalu. Itu dikarenakan Nico Rosberg memutuskan pensiun dari F1 usai dinobatkan jadi juara 2016.
Kondisi ini sama seperti pada musim 1994, saat Alain Prost menjadi juara dunia keempat kalinya, kemudian memutuskan pensiun.
Selain Rosberg, Jenson Button juara dunia 2009 juga memutuskan pensiun.
Namun F1 tetap menarik, karena masih ada empat juara dunia berlaga musim ini. Mereka adalah Lewis Hamilton, Sebastian Vettel (Ferrari) juara dunia empat kali, Kimi Raikkonen (Ferrari) juara dunia 2007 dan juara dunia dua kali Fernando Alonso (McLaren).
Tim F1
SpoilerShow
Kini di arena balap F1 hanya diikuti 10 tim dengan 20 pembalap, menyusul mundurnya tim Manor.
Tim kedua Red Bull, Toro Rosso telah menghentikan pasokan mesin Ferrari dan berganti ke Renault seperti tim Red Bull.
Seri Balapan
SpoilerShow
Musim 2017 balapan berlangsung sebanyak 20 kali, satu kali lebih sedikit dibanding musim lalu.
Pembalap Baru
SpoilerShow
Musim ini F1 kehilangan Button, Rosberg, Felipe Nasr dan Esteban Gutierez. Namun muncul wajah baru yakni pembalap Belgia Stoffel Vandoorne di McLaren dan pembalap 18 tahun asal Kanada Lance Stroll di tim Williams.
Dari komposisi pembalap, Valtteri Bostas bergabung ke tim Mercedes, Esteban Ocon di tim Force India, Pascal Wehrlein di Sauber, Kevin Magnussen di tim Haas, dan Nico Hulkenberg bergabung di tim Renault. [Berbagai Sumber/L-9]
Setiap tim yang mengikuti balap F1 mempunyai spesifikasi mobil dan mesin yang berbeda-beda. Contohnya dari Tim Ferrari dan Tim Mercedes AMG. Perbedaannya mencakup segala hal seperti chassis mesin dan aerodinamika, setiap tim balap dan pengemudinya mempunyai karakteristiknya sendiri yang tidak bisa disamakan dengan pembalap dan tim lainnya.

/tq2 /tq2 /tq2
Without rule ,We'd live with the Animals
**
/ampun3
***
MAJU JALAN.WWW.CELAPCELUP.COM... MAJU TERUS
/lala ~~~ /lala ~~~ /lala ~~~


User avatar

lex_old
GenerouS Donatur
GenerouS Donatur
Posts: 231
Joined: 06 Jun 2018, 23:06
Reputation:

Post by lex_old » 17 Jul 2018, 10:03

Akhirnya ada yang posting soal Formula One, terima kasih mod @Vulnerable udah berbagi disini /tq2


Let's go DANIEL RICCIARDO!!!
HIGHER, FURTHER, FASTER

User avatar

Phoniex
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 24
Joined: 02 Nov 2018, 01:01
Reputation:

Post by Phoniex » 05 Nov 2018, 04:35

sekarang era nya turbo hybird, sial no 5 masih kalah sama 44 hiks
"We will all laugh at gilded butterflies"

User avatar

lex_old
GenerouS Donatur
GenerouS Donatur
Posts: 231
Joined: 06 Jun 2018, 23:06
Reputation:

Post by lex_old » 05 Nov 2018, 13:33

Phoniex wrote:
05 Nov 2018, 04:35
sekarang era nya turbo hybird, sial no 5 masih kalah sama 44 hiks
Wah ada pendukung Vettel ya di sini hahaha

Sabar-sabar ya suhu, selama Lewis masih di Mercedes kayanya bakal tetep dominasi deh..
HIGHER, FURTHER, FASTER

User avatar

Phoniex
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 24
Joined: 02 Nov 2018, 01:01
Reputation:

Post by Phoniex » 07 Nov 2018, 03:51

lex_old wrote:
05 Nov 2018, 13:33
Wah ada pendukung Vettel ya di sini hahaha

Sabar-sabar ya suhu, selama Lewis masih di Mercedes kayanya bakal tetep dominasi deh..
iya nih hu, udh gak semangat nntn nya lagi. nunggu maret lagi masih lama
"We will all laugh at gilded butterflies"

User avatar

lex_old
GenerouS Donatur
GenerouS Donatur
Posts: 231
Joined: 06 Jun 2018, 23:06
Reputation:

Post by lex_old » 07 Nov 2018, 07:10

Phoniex wrote:
07 Nov 2018, 03:51
iya nih hu, udh gak semangat nntn nya lagi. nunggu maret lagi masih lama
Kayanya juga season depan udah bisa diperkirakan kembali yang bakalan jadi world champion siapa..

Lewis mau ngejar rekor Most Win-nya Michael Schumacher nih..
HIGHER, FURTHER, FASTER

User avatar

Phoniex
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 24
Joined: 02 Nov 2018, 01:01
Reputation:

Post by Phoniex » 07 Nov 2018, 09:18

lex_old wrote:
07 Nov 2018, 07:10
Kayanya juga season depan udah bisa diperkirakan kembali yang bakalan jadi world champion siapa..

Lewis mau ngejar rekor Most Win-nya Michael Schumacher nih..
siapa tau dia sering DNF terus kyk taun 2016 di sepang mesinnya berapi. tapi boleh jg nih ricciardo ke mclaren, siapa tau bawa perubahan..

btw udh pernah nntn live dimana aja hu? ane pernah cuman sekali di sepang. mau di marina tp kok mahal hehehe
"We will all laugh at gilded butterflies"

User avatar

lex_old
GenerouS Donatur
GenerouS Donatur
Posts: 231
Joined: 06 Jun 2018, 23:06
Reputation:

Post by lex_old » 07 Nov 2018, 16:40

Phoniex wrote:
07 Nov 2018, 09:18
siapa tau dia sering DNF terus kyk taun 2016 di sepang mesinnya berapi. tapi boleh jg nih ricciardo ke mclaren, siapa tau bawa perubahan..

btw udh pernah nntn live dimana aja hu? ane pernah cuman sekali di sepang. mau di marina tp kok mahal hehehe
Wah iya sih kalo mechanical failure masih ada kemungkinan, ga ada tim yang sempurna haha

Danny Ric bukannya pindah ke Renault hu buat musim depan?

Kebetulan seringnya ke Singapura / Malaysia hu, karena deket sih ya..

Tapi paling berkesan sih di Singapura, karena abis race langsung dimanjakan oleh konser musik haha
HIGHER, FURTHER, FASTER

User avatar

Phoniex
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 24
Joined: 02 Nov 2018, 01:01
Reputation:

Post by Phoniex » 09 Nov 2018, 06:49

lex_old wrote:
07 Nov 2018, 16:40
Wah iya sih kalo mechanical failure masih ada kemungkinan, ga ada tim yang sempurna haha

Danny Ric bukannya pindah ke Renault hu buat musim depan?

Kebetulan seringnya ke Singapura / Malaysia hu, karena deket sih ya..

Tapi paling berkesan sih di Singapura, karena abis race langsung dimanjakan oleh konser musik haha
eh kok mclaren sih renault maksud ane. iya hu kl di sg emg konsernya bagus artisnya, makanya harganya selangit /ampun3
"We will all laugh at gilded butterflies"


sslazio
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 10
Joined: 08 Jan 2019, 10:48
Reputation:

Post by sslazio » 09 Jan 2019, 16:02

wah ane baru tau nih gan, makasih pencerahannya


Yuan
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 11
Joined: 09 Aug 2018, 16:40
Reputation:

Post by Yuan » 09 Jan 2019, 17:24

baru tau ane nih .. nuhun gan pencerahanya

Post Reply

Return to “Balap Mobil”