• Administrator
  •  
    Untuk Member Baru
    1. Aktivasi member by email (cek di folder spam ) email bodong tidak di terima
    2. id baru untuk buat thread min 10 post dahulu atau di approve oleh Moderator
    3. Pm bisa di lakukan jika sudah 10 post
    4. memberikan reputasi min 500 post
    5. lupa pass kirim kan id anda ke email adm.celapcelup@gmail.com
    6. Menjadi donatur bisa PM vulnerable
    7. Mohon Jaga Ucapan dan jangan semau Gue , hargai member lain nya
    8. berforum dengan baik dan bijaksana
    9. Dilarang berjualan , narkoba , dan lain-lain yang melanggar hukum yg berlaku di indonesia
    Selamat Datang celupcelup.com
     
/lucu Clupers,Pihak Forum membuka kesempatan bagi agan agan yang ingin berkontribusi untuk perkembangan Forum.
Cara MENJADI DONATUR, Silahkan berkunjung ke Lounge Informasi Donatur << bisa di KLIK . Terima Kasih

5 C’s of Credit Analysis

Tentang Deposito , bunga , kredit dan lain -lain
Post Reply
User avatar

Topic author
titankai
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 16
Joined: 12 Jun 2018, 18:26
Reputation:

5 C’s of Credit Analysis

Post by titankai » 17 Jun 2019, 18:15

Dalam dunia perbankan pertimbangan yang lazim digunakan Bank untuk mengevaluasi calon nasabah debitur atau nasabah peminjam disebut dengan prinsip 5C atau “the five C’s principles”.

Prinsip-prinsip 5C tersebut antara lain:

Character adalah data tentang kepribadian dari calon pelanggan seperti sifat-sifat pribadi, kebiasaan-kebiasaannya, cara hidup, keadaan dan latar belakang keluarga maupun hobinya. Character ini untuk mengetahui apakah nantinya calon nasabah ini jujur berusaha untuk memenuhi kewajibannya dengan kata lain ini merupakan willingness to pay.

Capacity merupakan kemampuan calon nasabah dalam mengelola usahanya yang dapat dilihat dari pendidikannya, pengalaman mengelola usaha (business record) nya, sejarah perusahaan yang pernah dikelola (pernah mengalami masa sulit apa tidak, bagaimana mengatasi kesulitan). Capacity ini merupakan ukuran dari ability to play atau kemampuan dalam membayar.

Capital adalah kondisi kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang dikelolanya. Hal ini bisa dilihat dari neraca, laporan rugi-laba, struktur permodalan, ratio-ratio keuntungan yang diperoleh seperti return on equity, return on investment. Dari kondisi di atas bisa dinilai apakah layak calon pelanggan diberi pembiayaan, dan beberapa besar plafon pembiayaan yang layak diberikan.

Collateral adalah jaminan yang mungkin bisa disita apabila ternyata calon pelanggan benar-benar tidak bisa memenuhi kewajibannya. Collateral ini diperhitungkan paling akhir, artinya bilamana masih ada suatu kesangsian dalam pertimbangan-pertimbangan yang lain, maka bisa menilai harta yang mungkin bisa dijadikan jaminan.

Condition, pembiayaan yang diberikan juga perlu mempertimbangkan kondisi ekonomi yang dikaitkan dengan prospek usaha calon nasabah. Ada suatu usaha yang sangat tergantung dari kondisi perekonomian, oleh karena itu perlu mengaitkan kondisi ekonomi dengan usaha calon pelanggan.

Post Reply

Return to “Perbankan”