• Administrator
  •  
    Untuk Member Baru
    • Pertama buat ID dulu

    WAJIB!!!
    • Selamat idul fitri 1440
     
/lucu Clupers,Pihak Forum membuka kesempatan bagi agan agan yang ingin berkontribusi untuk perkembangan Forum.
Cara MENJADI DONATUR, Silahkan berkunjung ke Lounge Informasi Donatur << bisa di KLIK . Terima Kasih

KOPI dan segala ceritanya

Semua Tentang Makanan dan Minuman ada Disini

Moderator: Lonewolf


Topic author
BHDB
CERPAN
CERPAN
Posts: 110
Joined: 10 May 2018, 13:52
Reputation:

KOPI dan segala ceritanya

Post by BHDB » 05 Jun 2018, 13:48

Image
Kopi bukan sekadar minuman, tapi sebuah penghayatan. Bagi penyuka kopi, menyeduh minuman hitam pekat tersebut merupakan sebuah proses yang tak main-main. Tiap orang punya takarannya masing-masing. Karena itu, keberadaan kopi begitu hidup. Sebab, penuh filosofi dan perjalanan
aku cinta kau dan dia dan dia dan dia

User avatar

Yoona
Creator
Creator
Posts: 261
Joined: 30 May 2018, 21:51
Reputation:

Post by Yoona » 05 Jun 2018, 13:56

MANFAAT MINUM KOPI.
Minum kopi mempunyai beberapa manfaat diantaranya :

Meningkatkan Semangat Kerja dan Membuatmu Lebih Cerdas
Mempercepat Metabolisme dan Pembakaran Lemak
Mengalokasikan Jaringan Lemak
Meningkatkan Kemampuan Fisik Seseorang
Memberikan Nutrisi Bagi Tubuh
Mengurangi Risiko Diabetes Tipe II
Mampu Mengurangi Risiko Alzheimer dan Demensia
Melindungi Dari Penyakit Hati (Liver)
Menjaga dari Depresi dan Gangguan Mental
Mengurangi Risiko Kanker
Mengurangi Risiko Terkena Stroke
Menjadi Sumber Antioksidan Yang Sehat
Untuk Pembengkakan
Sebagai Fountain Of Youth

BAHAYA MINUM KOPI
Selain mempunyai manfaaat kopi juga mempunyai bahaya bagi kesehatan

Meningkatkan asam lambung
Meningkatkan tekanan darah
Kafein bisa membunuhmu
Menyebabkan insomia atau penyakit susah tidur
Membuat gigi menjadi hitam


FILOSOFI KOPI

Dalam menyajikan kopi, memang ada beberapa cara dan cara yang paling mudah adalah menuangkan serbuk kopi ke dalam gelas yang terisi air panas. Setelah itu akan keluar aroma kopi yang segar, menusuk, tajam, serasa ingin segera menikmati. Namun untuk menikmati kopi setiap orang punya cara tersendiri, apakah menambahkan gula atau susu ke dalamnya, mungkin juga ada campuran lain tergantung mana yang anda sukai.

Kopi identik berwarna hitam dan pahit. Setiap seruputan kopi yang masuk ke mulut terasa pahit di lidah, itu menyadarkan kita bahwa hidup tak selalu manis, tak selalu indah, dan tidak penuh warna. Terkadang dalam hidup seseorang pasti akan merasakan pahit dan hitam seperti seperti secangkir kopi.

Terkadang kita akan merasa lucu saat melihat orang yang pertama kali minum kopi, pasti dia akan mengatakan “ pahit banget”. Lalu bagaimana jika hari-hari yang kita lalui ibarat kita minum kopi yang terasa pahit. Apakah akan selalu menikmati dengan cara yang sama. Jika hanya diam dan menerima kalau kopi itu pahit maka sampai kapanpun kopi tetap pahit. Apakah kita akan selalu merasakan dengan cara seperti itu? Lalu bagaimana jika tidak mau menikmati kopi yang selalu pahit?

Jawabannya, anda perlu menambahkan sesuatu ke dalam kopi itu supaya tidak terasa pahit lagi. Apakah itu gula, susu atau yang lainnya. Ini menyadarkan kita hidup jangan terlalu monoton dan menerima apa adanya, lakukan sesuatu hal yang kecil yang bisa merubah hidup anda menjadi lebih manis. Anda bisa menaruh apa saja dalam hidup anda, asalkan itu bisa membuat anda lebih bisa menikmati hidup.

Dalam menikmati kopi selera orang sangatlah berbeda-beda, tergantung bagaimana selera. Ada yang menyukai kopi hitam, kopi susu, kopi tubruk, copuccino, coffee late, dan lain-lain. Ada juga yang menyukai kopi pahit, kopi manis, kopi panas ataupun kopi dingin. Semua tergantung selera masing-masing. Dalam kehidupan berarti setiap hidup punya pilihan tinggal kita saja yang memilih sesuai selera yang diinginkan.

Saya akan menceritakan sebuah cerita yang pernah saya baca.

Pada suatu hari ada seorang dosen yang sedang mengajar suatu mata kuliah. Sebelum ia pergi mengajar dia telah menyusun suatu rencana dan hari ini dia tidak akan mengajar seperti biasanya dan apa yang akan dilakukannya akan di uji suatu hari nanti.

Jam perkuliahan pun dimulai seluruh mahasiswa yang telah hadir pun sudah berada di dalam ruang. Hal yang dilakukan oleh seorang dosen tersebut ialah mendengarkan keluhan, masalah dan problema hidup dari setiap mahasiswa yang hadir. Ketika semua telah menyampaikan setiap permasalahan mereka. Dosen tersebut tak memberi suatu jawaban apapun. Dia hanya berkata “ saat kalian sudah lulus nanti buatlah reuni dirumahku” ujar sang dosen. Seluruh mahasiswa menjawab “ baiklah pak”. Mereka heran dan bertanya satu sama lainnya, dengan pelajaran yang didapatkan hari ini.

Hari yang ditunggupun tiba. Para mahasiswa yang telah lulus dan sudah bekerja, hadir semuanya ke rumah sang dosen. Mereka begitu antusias mengharapkan jawaban dari sang dosen untuk setiap permasalahan yang pernah mereka sampaikan. Dan kali ini pun sang dosen mengajukan hal yang sama seperti saat di perkuliahan dulu, dan mendergarkan setiap keluhan dan permasalahan dari yang hadir saat reuni itu.
Lalu sang dosen mengeluarkan satu poci penuh dengan air kopi didalamnya. Disini mereka tidak ada yang bertanya, mereka mengganggap mungkin ini hanya jamuan. Lalu sang dosen masuk ke dalam dan mengambil beberapa cangkir, ada yang cangkir mahal, gelas mahal, dan gelas plastic.

Selanjutnya dosen tersebut menyuruh mereka untuk memilih cangkir atau gelas. Mereka berebutan memilih cangkir dan gelas mahal yang bagus serta cantik. Setelah itu sang dosen menuangkan air kopi kepada semua gelas yang telah dipilih oleh mereka dan menyuruh mereka meminumnya. Karena haus mereka meminumnya begitu nikmat. Saat sedang meminum kopi, semua mahasiswa melihat dosen yang sedang tersenyum dan mereka pun ikut tersenyum.
Sang dosen berkata inilah “cermina kehidupan kalian, cangkir yang kalian pegang”. Para mahasiswa yang sedang meminum kopi merasa heran dan tidak mengerti maksud dari pak dosen.

“tidakkah kalian sadar, gelas yang tersisa disini hanyalah gelas plastik yang biasa dan teramat sederhana. Sedangkan cangkir dan gelas yang mahal serta cantik telah kalian ambil semua” begitulah ujar sang dosen.
“ saat kalian mengambil cangkir lalu membandingkan dengan cangkir satu sama lainnya, apakah cangkir yang kamu pegang sudah yang bagus dan paling bagus. Sekarang coba pikirkan : hidup itu adalah kopi, sedangkan cangkirnya adalah pekerjaan, uang dan posisi kalian dilingkungan. Sadarkah kalian bahwa cangkir ini adalah sebuah alat yang mewadahi hidup”. Kata sang dosen.

Namun cangkir yang kalian miliki apakah dapat menentukan kualitas hidup kalian akan berubah atau tidak. Akibat memikirkan gelas yang paling bagus, sehingga kita gagal menikmati kopinya. Kunci menikmati kopi tidak terletak pada seberapa bagus cangkirnya, namun terletak pada seberapa bagus kualitas dari kopi tersebut. Jadi nikmatilah dengan santai dan perlahan tanpa mengurangi esensi dan kualitas dari segelas kopi.

Untuk menjadi bahagia tidak perlu memiliki segala terbaik didalam hidup, tapi jadikanlah yang dimiliki itu menjadi yang terbaik. Karena didunia ini tidak akan ada habisnya bila dikejar. Ada baiknya belajar menghargai dan mensyukuri apa yang sudah dimiliki.

User avatar

Kuranggawe
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 779
Joined: 07 May 2018, 09:08
Reputation:

Post by Kuranggawe » 06 Jun 2018, 02:55

kopi tetaplah kopi, sekalipun dia hitam dan pahit, akan tetap banyak orang yang menanti nya, mencari nya, bahkan sakau jika kehilangan diri nya
ditambah dengan susu ataupun gula tidak menjadikan dirinya berubah, tetapi hanya memperkaya rasa dan tanpa menghilangkan kepahitan yg menjadi ciri khas nya
Newbie yang mencoba Berbagi dan Berkontribusi

User avatar

Yoona
Creator
Creator
Posts: 261
Joined: 30 May 2018, 21:51
Reputation:

Post by Yoona » 07 Jun 2018, 16:06

Kuranggawe wrote:
06 Jun 2018, 02:55
kopi tetaplah kopi, sekalipun dia hitam dan pahit, akan tetap banyak orang yang menanti nya, mencari nya, bahkan sakau jika kehilangan diri nya
ditambah dengan susu ataupun gula tidak menjadikan dirinya berubah, tetapi hanya memperkaya rasa dan tanpa menghilangkan kepahitan yg menjadi ciri khas nya
BTW favourite suhu kopi bean drmn? Robusta atau arabika atau campur? Diseduhnya pake Cara apa?

User avatar

Kuranggawe
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 779
Joined: 07 May 2018, 09:08
Reputation:

Post by Kuranggawe » 08 Jun 2018, 09:00

Yoona wrote:
07 Jun 2018, 16:06
Kuranggawe wrote:
06 Jun 2018, 02:55
kopi tetaplah kopi, sekalipun dia hitam dan pahit, akan tetap banyak orang yang menanti nya, mencari nya, bahkan sakau jika kehilangan diri nya
ditambah dengan susu ataupun gula tidak menjadikan dirinya berubah, tetapi hanya memperkaya rasa dan tanpa menghilangkan kepahitan yg menjadi ciri khas nya
BTW favourite suhu kopi bean drmn? Robusta atau arabika atau campur? Diseduhnya pake Cara apa?
klo kopi instan newbie belum pernah coba hu, selama di perantauan juga belum pernah ngopi, sekali2 ngopi klo lagi meeting atau presentasi ama klien di gerai kopi, biasa klo waktu masih di kampung suka yg panen sendiri hu, buah kopi yang jatoh dari pohon langsung dikeringkan, diambil bijinya disimpan di karung goni, yg udh disimpan lama biasa lsg di tumbuk dan di godok di dalam teko hu, terus dituangin nya disaring pake saringan ked alam gelas, lsg diseruput deh, tp belum sempet nanya ke ortu itu kopi jenisa nya apa, yg pasti masih berdiri tegak di pinggir rumah di kampung xxiixixixi

jd ngopi cuma klo pas pulkam aja
Newbie yang mencoba Berbagi dan Berkontribusi

User avatar

djinrad
DONATUR
DONATUR
Posts: 18
Joined: 11 Jun 2018, 12:33
Reputation:

Post by djinrad » 11 Jun 2018, 12:46

kalo kopi biasanya yg nemenin gorengan wkwkwk
- The Wetter The Better -

User avatar

om anno
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 22
Joined: 12 Jun 2018, 16:55
Reputation:

Post by om anno » 14 Jun 2018, 03:40

Abii mah peminum kopi bukan penikmat kopi. Apapun kopinya bagaimanapun menyeduhnya seperti apa menyajikannya. Kopi tetaplah kopi hanya satu upacaranya hirup seruput ahh itu saja


#rindutraktiran_cikopiheded
..... da aku mah masih polos ... /lucu


johnkeliat
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 11
Joined: 18 Jun 2018, 09:57
Reputation:

Post by johnkeliat » 18 Jun 2018, 10:14

ane ampe sekarang ga tau cara menikmati kopi.

ga pernah paham bedanya kopi toraja, kopi gayo, atau kopi sidikalang


Shed
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 17
Joined: 19 Jun 2018, 00:07
Reputation:

Post by Shed » 19 Jun 2018, 01:54

Kopi item buat mood booster pagi2 sekalian biar ga teler.
Tp tetep aja klo udh cape teler jg di kantor


raydich
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 27
Joined: 19 Jun 2018, 07:42
Reputation:

Post by raydich » 19 Jun 2018, 08:08

Dulu pernah cobain kopi arang .jdnkopi item trz dicelupin arang yg msh panas..rasanya biasa aj sih. Cmn kyk ad sepet2 gt..

User avatar

kira1803
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 14
Joined: 29 Jun 2018, 07:00
Reputation:

Post by kira1803 » 29 Jun 2018, 07:20

vote buat Kopi toraja, ngangenin rasanya
"I am thou... Thou art I... From the sea of thy soul, I come..."

User avatar

Kuranggawe
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 779
Joined: 07 May 2018, 09:08
Reputation:

Post by Kuranggawe » 02 Jul 2018, 05:44

om anno wrote:
14 Jun 2018, 03:40
Abii mah peminum kopi bukan penikmat kopi. Apapun kopinya bagaimanapun menyeduhnya seperti apa menyajikannya. Kopi tetaplah kopi hanya satu upacaranya hirup seruput ahh itu saja


#rindutraktiran_cikopiheded
asal ulah dihidangkeun buat sajen weh wa xixixixixixix
Newbie yang mencoba Berbagi dan Berkontribusi

User avatar

slupuk
MODERATOR
MODERATOR
Posts: 1387
Joined: 07 Jun 2018, 09:35
Reputation:
Top poster of the Month

Post by slupuk » 02 Jul 2018, 06:15

kopi paling nikmat ya dikantor..... gratis /kagum /kagum /kagum

User avatar

sukat tandika
Creator
Creator
Posts: 4
Joined: 08 Aug 2018, 04:54
Reputation:

Post by sukat tandika » 09 Aug 2018, 02:25

yaahh mau bikin konten kopi keduluan mamang garbin :(

User avatar

Vulnerable
MODERATOR
MODERATOR
Posts: 788
Joined: 10 May 2018, 17:23
Reputation:
Contact:

Post by Vulnerable » 09 Aug 2018, 02:27

sukat tandika wrote:
09 Aug 2018, 02:25
yaahh mau bikin konten kopi keduluan mamang garbin :(
wkakakk sabar yah suhu gimana klu buat cerita perjalan hidup suhu yang penuh dengan likaliku , atau cerita tentang pencidukan para perusuh
Without rule ,We'd live with the Animals
**
/ampun3
***
MAJU JALAN.WWW.CELAPCELUP.COM... MAJU TERUS
/lala ~~~ /lala ~~~ /lala ~~~



sanja_nickkivorov
Creator
Creator
Posts: 8
Joined: 10 Aug 2018, 16:11
Reputation:

Post by sanja_nickkivorov » 10 Aug 2018, 16:39

kopi jantan paling berasa joss nya


Maximuxz92
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 10
Joined: 16 Sep 2018, 04:33
Reputation:

Post by Maximuxz92 » 16 Sep 2018, 04:46

Kopi arabica paling mantep menurut ane hu


tukangkebon
DONATUR
DONATUR
Posts: 10
Joined: 07 Oct 2018, 23:16
Reputation:

Post by tukangkebon » 11 Oct 2018, 10:18

Kopi Arabica dgn sedikit rasa buah/fruity /ok

Boleh share suhu info dimana kira2 warung kopi/coffee shop jg boleh yg kopinya enak?


tremor
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 12
Joined: 17 Oct 2018, 09:16
Reputation:

Post by tremor » 17 Oct 2018, 09:41

kalau gw pribadi ,coffe shop yang oke itu anomali sih, yang kopi original-nya nagih bgt


Theymesome
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 14
Joined: 22 Oct 2018, 18:26
Reputation:

Post by Theymesome » 08 Nov 2018, 11:57

Nyruput kopi serasa yg sudah mantan.. Ngangenin dan pahit..wkwkwk

User avatar

d24lu
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 73
Joined: 29 Jun 2018, 05:04
Reputation:

Post by d24lu » 09 Nov 2018, 04:08

pernah belajar dari sang bos ttg filosofi kopi :

" kopi semua tu pahit , walau pake gula masih terasa pahit..
namun ada yang pahit bikin perih lambung , bikin melek , ato tidak sama sekali,
manusia pun seperti itu , ada yang cucuk (istilah dia) , ada pemanis dan ada yang flat..
bae bae (baik baik, pake logat hokian) memilih teman , karena temen lu adalah kopi lu "

dah gitu aja


moncroottzzz
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 16
Joined: 08 Nov 2018, 04:00
Reputation:

Post by moncroottzzz » 09 Nov 2018, 05:43

Kopikan kopi kopi Indonesia gan. Ane numpang nimbrung gan. Penggemar dan penyeduh rumahan gan


caldilac
DONATUR
DONATUR
Posts: 27
Joined: 08 Apr 2019, 09:11
Reputation:

Post by caldilac » 17 Apr 2019, 19:30

kopi enak di nikmatin bareng teman, sambil kongkow. jadi lebih nikmat, susana ngak ngebosanin.


Dokuganryu
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 10
Joined: 02 Jun 2019, 12:40
Reputation:

Post by Dokuganryu » 12 Jun 2019, 02:21

coffee latte is my favorite...

User avatar

TourOnDuty
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 10
Joined: 12 Jun 2019, 06:47
Reputation:

Post by TourOnDuty » 13 Jun 2019, 02:21

Akhirnya nemu topic kopi2an,
Secara nubie seorang coffee lover

Lg tergila2 dg sensasi first taste, main taste dan after taste ny V60.. single origin yg begitu menarik..

Post Reply

Return to “Kuliner”