• Administrator
  •  
    Untuk Member Baru
    • Pertama buat ID dulu
    • Ketiga Tunggu email balasan

    WAJIB!!!

    FOR member, terima kasih utk Melihat iklan yg muncul...anda sudah membantu keberlangsungan jalan nya forum yg tercinta ini...
     
/lucu Clupers,Pihak Forum membuka kesempatan bagi agan agan yang ingin berkontribusi untuk perkembangan Forum.
Cara MENJADI DONATUR, Silahkan berkunjung ke Lounge Informasi Donatur << bisa di KLIK . Terima Kasih

Lounge Memancing atau Fishing

Mancing ikan yah HAHAHA bukan mancing keributan atau mancing istri Orang
Post Reply
User avatar

Topic author
Lonewolf
MODERATOR
MODERATOR
Posts: 143
Joined: 08 May 2018, 02:14
Reputation:

Lounge Memancing atau Fishing

Post by Lonewolf » 10 May 2018, 09:29

Memancing secara luas adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan pekerjaan, hobi, olahraga luar ruang (outdoor) atau kegiatan di pinggir atau di tengah danau, laut, sungai dan perairan lainnya dengan target seekor ikan. Atau bisa juga sebagai kegiatan menangkap ikan atau hewan air tanpa alat atau dengan menggunakan sebuah alat oleh seorang atau beberapa pemancing.

Namun dalam praktik dan dari hasil buruannya, tidak semua kegiatan memancing ikan selalu membuahkan hasil seekor ikan, memancing ikan dapat juga diartikan tidak saja untuk menangkap ikan namun juga kodok, penyu, ikan, cumi-cumi, gurita, bahkan ikan paus.

Memancing ikan dapat dibedakan berdasarkan alam buruannya, yaitu:

Memancing ikan air laut
Memancing ikan air tawar

Pada dasarnya memancing hanyalah salah satu cara menangkap ikan. Oleh karena itu banyak cara atau teknik menangkapp ikan yang lain.

Sejarah
Memancing dalam arti menangkap ikan sudah dikenal oleh peradaban manusia sejak zaman dahulu sekitar 10.000 tahun yang lalu. Hal ini terbukti dari peninggalan-peninggalan arkeologi pada goa-goa tua di Eropah bahwa aktivitas penangkapan ikan sudah ada sejak dulu dengan ditemukannya tulang-belulang, mata kail dan gambar serta lukisan pada zaman batu di dalam goa-goa tersebut.

Teknik menangkap ikan mulai beragam pada masa Neolitik sekitar 4.000 - 8.000 tahun yang lalu yang kemudian berkembang menjadi teknik yang lebih modern dan masih dipakai hingga saat ini. Begitu pula dengan cara pengolahan ikan hasil tangkapan, saat ini cara tersebut masih dilakukan dengan teknik yang sama misal pengawetan ikan dengan menggarami atau dengan cara pengasapan.

Teknik Menangkap ikan
Bedasarkan caranya, memancing hanyalah salah satu cara untuk menangkap ikan atau hewan air, selain dengan cara memancing ada beberapa cara menangkap ikan yang lain yaitu:

Dengan Tangan
Menangkap ikan dengan tangan.

Menangkap ikan dengan tangan dapat dilakukan pada perairan dangkal seperti di sungai kecil. Pengertian menangkap ikan dengan tangan menjadi meluas dalam istilah memancing yaitu tanpa menggunakan tongkat pancing (joran) tetapi tetap menggunakan rol pancing dan senar atau biasa disebut mancing tangan.

Saat mancing di laut, menangkap ikan dengan cara ini kerap digunakan untuk jenis memancing dasar laut (bottom fishing). Di Inggris dan Amerikamenangkap ikan trout dan ikan salem di sungai-sungai berair dangkal dapat dilakukan dengan tangan (trout tickling).

Pada perairan laut mengumpulkan kerang dengan menggunakan tangan dapat dilakukan dengan cara menyelam.

Tombak
Mata tombak untuk menangkap ikan dari Guyana

Menangkap ikan dengan cara menombak lebih mudah daripada dengan tangan dan cara ini sudah digunakan sejak lama oleh manusia.

Ujung tombak dibuat sedemikian rupa seperti pada mata kail agar ikan yang tertangkap tidak dapat lepas dari mata tombak.

Tombak yang dipakai dapat mermacam-macam bentuk, dari yang mempunyai gagang pendek hingga yang panjang dan biasanya bercabang tiga diujungnya (semacam trisula), atau dapat pula hanya bermata satu.

Harpoon
Mata harpoon

Pada masa sekarang cara menangkap ikan dapat menggunakan harpoon yaitu alat penangkap ikan berupa tombak yang diberi tali yang panjang.

Menangkap ikan dengan cara ini diharuskan menggunakan perahu dengan cara mengejar ikan yang sedang diburu.

Harpoon ditembakkan dengan menggunakan sebuah alat pelontar, biasanya alat ini digunakan untuk menangkap Paus.

Setelah ikan terkena harpoon, lalu ikan ditarik dan kemudian diangkat keatas geladak kapal.

Tali pancing
Rol pancing
Pada saat ini cara menangkap ikan paling favorit dan praktis serta dapat dilakukan secara sendirian ialah dengan menggunakan tali pancing yang disebut juga senar.

Pada ujung senar dipasang satu atau lebih mata kailyang mana setiap mata kail diberi umpan hidup ataupun umpan tiruan.

Menangkap ikan dengan cara ini dapat dilakukan di pinggir sungai, danau, tepi laut atau bahkan di tengah laut dengan menggunakan perahu.

Menyedot air
Biasanya cara ini secara teknis tidak dikhususkan untuk menangkap ikan.

Teknik ini lebih sering digunakan untuk menangkap berbagai jenis hewan dasar laut atau moluska seperti kerang, lobster, kepiting dan hewan sejenisnya yang berada di dasar air atau dasar laut.

Caranya dengan menggunakan kompresor yang bekerja dengan menyedot air ke atas kapal lalu disaring dan kemudian air dibuang kembali ke laut.

Jaring
Seorang nelayan menebarkan jala lempar

Dilakukan dengan cara menyerok dengan jaring atau menebar jala yang kemudian diangkat atau dengan memasang jala dengan cara ditunggu selama beberapa waktu tertentu lalu kemudian jala baru diangkat.

Atau biasa juga jala diturunkan ke laut dengan perahu dan berjalan perlahan membentuk suatu lingkaran.

Cara ini dapat dilakukan di air tawar ataupun di laut. Jika di laut cara ini biasanya untuk menangkap udang, ikan kecil atau cumi-cumi.

Dan biasanya dilakukan pada malam hari dengan menggunakan alat penerangan untuk menarik hewan-hewan tersebut. Jala yang digunakan diletakkan pada bangunan bambu yang biasa disebut bagan.

Layang-layang
Cara ini dilakukan dengan menaikkan sebuah layang-layang yang terbuat dari bahan anti air dan diterbangkan dengan menggunakan tali.

Sebelumnya layang-layang tadi telah diberi tali senar pada ekornya yang pada ujung tali senar tersebut diberi mata kail dan umpan serta diusahakan agar mata kail dan umpan tersebut dapat tercebur kedalam air.

Tetapi cara ini kurang efektif jika dilakukan pada saat cuaca tidak mendukung seperti hujan atau angin kencang

Melubangi permukaan ice
Teknik ini dilakukan di laut atau danau yang sedang membeku akibat dinginnya iklim di daerah tersebut.

Menangkap ikan dengan cara ini dilakukan dengan cara mengebor atau membuat lubang pada lapisan es agar alat pancing dapat masuk kedalam air melalui lobang yang telah dibuat sebelumnya.

lalu mata kail di masukkan kedalam lubang tersebut hingga mata kail menembus pada air yang berada dibawah lapisan es yang telah diberi lubang tadi.

Perangkap
Perangkap lobster

Cara ini tidak sebatas menangkap ikan, tetapi dapat pula digunakan untuk menangkap hewan laut lain yang biasanya berada di dasar perairan, seperti lobster, kepiting dan sejenisnya.

Penangkapan dengan menggunakan suatu perangkap yang dapat terbuat dari besi, almuniumatau bambu dengan cara meletakkan perangkap tersebut pada daerah tertentu. Sebelumnya perangkap tersebut telah diberi tanda atau pelampung agar mudah mencarinya setelah ditinggal untuk beberapa saat.

Bantuan hewan

Di Cina dan Jepang teknik menangkap ikan dapat menggunakan sejenis burung air yang terlatih, yaitu burung Cormorant.

Biasanya teknik ini dilakukan bersama-sama dengan nelayan lainnya yang semuanya memiliki burung ini. Dengan perahunya para nelayan membentuk lingkaran lalu kemudian burung-burung tersebut diperintahkan untuk mengejar ikan dengan arah ke tengah dari lingkaran.

Setelah mengejar dan menangkap ikan, burung kembali naik ke atas perahu. Teknik ini sudah ada sejak lama di negara tersebut dan diwariskan secara turun-temurun.

Racun ikan
Menabur barbasco
Teknik ini dilarang dan dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang karena racun tersebut. Biasanya menggunakan barbasco, sianida atau potasium dengan tujuan membuat ikan menjadi lemas namun banyak juga yang mati.

Menangkap ikan dengan teknik ini biasanya dilakukan untuk ikan hias jenis karang agar dapat dijual hidup-hidup.

Pada gambar diperlihatkan menangkap ikan dengan barbasco, sejenis racun dari akar pohon yang setelah di larutkan ke air akan berwarna keputih-putihan.

Menyetrum

Biasanya menggunakan tongkat yang pada ujungnya disambung ke alat penghasil listrik seperti baterai, aki mobil atau generator listrik.

Teknik ini juga tidak diperbolehkan terutama untuk penangkapan ikan laut karena dapat berpengaruh dan merusak terumbu karang.

Cara ini sebenarnya lebih efektif dilakukan di perairan air tawar seperti sungai, tambak atau kolam.

Bahan Peledak

Teknik ini juga dilarang, peledakan kadang menggunakan dinamit atau bahan peledak lainnya. Teknik ini juga dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.

Mancing Dasaran

Teknik mancing ini biasa digunakan di laut, yaitu dengan menjatuhkan umpan dengan pemberat sampai ke dasar laut.

User avatar

Topic author
Lonewolf
MODERATOR
MODERATOR
Posts: 143
Joined: 08 May 2018, 02:14
Reputation:

Post by Lonewolf » 10 May 2018, 09:30

Silahkan bahas hal hal dan apa saja tentang fishing dan memancing dibawah

User avatar

Kuranggawe
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 780
Joined: 07 May 2018, 09:08
Reputation:

Post by Kuranggawe » 12 May 2018, 07:34

Klo TS udh punya joran belum?
Spesifikasi nya ding klo udh punya
Kasih tau juga dong hu tentang perbedaan dari tiap bahan joran
Newbie yang mencoba Berbagi dan Berkontribusi


Jenaha123
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 15
Joined: 15 May 2018, 06:45
Reputation:

Post by Jenaha123 » 15 May 2018, 07:15

Cerita tentang mancing awal pertama kali kenal mancing gara gara diracunin temen.diajak mancing dan dipinjemin alat sekalian trus mancingnya kiloan jadi gampang banget strike.akhirnya ketagihan ehh dapet kebeli tackle dari duit nemu dijalan :lol:

User avatar

Kuranggawe
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 780
Joined: 07 May 2018, 09:08
Reputation:

Post by Kuranggawe » 17 May 2018, 03:14

Jenaha123 wrote:
15 May 2018, 07:15
Cerita tentang mancing awal pertama kali kenal mancing gara gara diracunin temen.diajak mancing dan dipinjemin alat sekalian trus mancingnya kiloan jadi gampang banget strike.akhirnya ketagihan ehh dapet kebeli tackle dari duit nemu dijalan :lol:
suhu hiji ieu mah gede milik mun kitu harti na xixixixixix
Newbie yang mencoba Berbagi dan Berkontribusi


tititlumutan
DONATUR
DONATUR
Posts: 46
Joined: 08 May 2018, 12:52
Reputation:

Post by tititlumutan » 17 May 2018, 03:23

tempat mancing yg menarik dmn hu? joran saya lama tak digunakan
hidup itu sekali... klo ga pake cialis /run

User avatar

Dodol
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 85
Joined: 09 May 2018, 04:34
Reputation:

Post by Dodol » 23 May 2018, 19:22

saya ga doyan mancing ikan hu, doyan nya mancing wanita ehhh

User avatar

Kuranggawe
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 780
Joined: 07 May 2018, 09:08
Reputation:

Post by Kuranggawe » 28 May 2018, 05:54

tititlumutan wrote:
17 May 2018, 03:23
tempat mancing yg menarik dmn hu? joran saya lama tak digunakan
yg rekomended klo untuk keluarga, sambil mancing sambil makan enak nya di CIPAKU hu
ikan yg dipancing bisa langsung dimasak dan dinikmati
Newbie yang mencoba Berbagi dan Berkontribusi


tititlumutan
DONATUR
DONATUR
Posts: 46
Joined: 08 May 2018, 12:52
Reputation:

Post by tititlumutan » 29 May 2018, 17:33

Gimana klo kita adakan mancing mania.... cirata2 ayoo2
hidup itu sekali... klo ga pake cialis /run

User avatar

Hippolyta_Amora
Female
Female
Posts: 14
Joined: 02 Jun 2018, 10:43
Reputation:

Post by Hippolyta_Amora » 03 Jun 2018, 15:47

Mancing keributan apa ke enakkan boleh hehe

User avatar

Yoona
Creator
Creator
Posts: 261
Joined: 30 May 2018, 21:51
Reputation:

Post by Yoona » 03 Jun 2018, 20:27

Hippolyta_Amora wrote:
03 Jun 2018, 15:47
Mancing keributan apa ke enakkan boleh hehe
Pancing aku sis.. aku padamu..



Kalo Ada acara pancing memancing di Bandung nubie mau ikut! Biarin di balong Juga mauuu

User avatar

Kuranggawe
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 780
Joined: 07 May 2018, 09:08
Reputation:

Post by Kuranggawe » 04 Jun 2018, 08:42

tititlumutan wrote:
29 May 2018, 17:33
Gimana klo kita adakan mancing mania.... cirata2 ayoo2
ayo hu kita bikin, kebetulan joran dirumah ngegantung aja, dah lama ga nyentuh air, kukumbulnya juga masih ada
mancing malam juga siap, "RCTI" nya masih ready
Newbie yang mencoba Berbagi dan Berkontribusi


malingkorek
TAMU AGUNG
TAMU AGUNG
Posts: 3
Joined: 29 Jun 2018, 04:55
Reputation:

Post by malingkorek » 29 Jun 2018, 05:48

tulis juga dong spek perlengkapan mancing di sungai; laut; muara
yang dari joran, reel, senar, mata kail. klo ada yg mau bikin forum kek gini lumayan buat nambah referensi hu..


vgen
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 12
Joined: 29 Jun 2018, 11:06
Reputation:

Post by vgen » 29 Jun 2018, 11:54

kita suka mancing cewek suhu . hehehehhee

User avatar

Pilot Perjaka
DONATUR
DONATUR
Posts: 69
Joined: 31 Aug 2018, 13:08
Reputation:

Post by Pilot Perjaka » 05 Sep 2018, 00:50

Mancing dasaran. Ane bgt waktu usia 7 taoon wkwkwk
CAWKEN BAE MEN

User avatar

d24lu
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 73
Joined: 29 Jun 2018, 05:04
Reputation:

Post by d24lu » 05 Sep 2018, 01:27

ane mancing mah ga bakat om /pojok
dulu kata org dulu mah :
"mancing mah gimana bakat. biar kata joran mahal, tapi kalo ga ada bakat, ga akan dapat. kalo bakat mah, biar kata joran murah mah, bakal dapat"
dari situ ane down om /dead
udah pake penglaris mancing (pake batu akik katilayu) juga ora iso.. /run
bakat mempengaruhi juga om /sad

User avatar

Vulnerable
MODERATOR
MODERATOR
Posts: 849
Joined: 10 May 2018, 17:23
Reputation:
Contact:

Post by Vulnerable » 05 Sep 2018, 02:42

Kuranggawe wrote:
12 May 2018, 07:34
Klo TS udh punya joran belum?
Spesifikasi nya ding klo udh punya
Kasih tau juga dong hu tentang perbedaan dari tiap bahan joran
Ts ada kaya nya cuman joran pendek buat , cari belut seperti nya
Without rule ,We'd live with the Animals
**
/ampun3
***
MAJU JALAN.WWW.CELAPCELUP.COM... MAJU TERUS
/lala ~~~ /lala ~~~ /lala ~~~


User avatar

Vulnerable
MODERATOR
MODERATOR
Posts: 849
Joined: 10 May 2018, 17:23
Reputation:
Contact:

Post by Vulnerable » 05 Sep 2018, 02:43

d24lu wrote:
05 Sep 2018, 01:27
ane mancing mah ga bakat om /pojok
dulu kata org dulu mah :
"mancing mah gimana bakat. biar kata joran mahal, tapi kalo ga ada bakat, ga akan dapat. kalo bakat mah, biar kata joran murah mah, bakal dapat"
dari situ ane down om /dead
udah pake penglaris mancing (pake batu akik katilayu) juga ora iso.. /run
bakat mempengaruhi juga om /sad
yuk atuh mang d2alu kita mancing .....

sambil di temenin to to cakep agar makin semangat mancing nya /lala /lala
Without rule ,We'd live with the Animals
**
/ampun3
***
MAJU JALAN.WWW.CELAPCELUP.COM... MAJU TERUS
/lala ~~~ /lala ~~~ /lala ~~~


User avatar

d24lu
VERIFIED
VERIFIED
Posts: 73
Joined: 29 Jun 2018, 05:04
Reputation:

Post by d24lu » 06 Sep 2018, 04:34

Vulnerable wrote:
05 Sep 2018, 02:43
yuk atuh mang d2alu kita mancing .....

sambil di temenin to to cakep agar makin semangat mancing nya /lala /lala
hayu om..mumpung lagi sehat nih..ane mah nemenin bakar bakar nya aja /tq2 /tq2


Jahanam
DONATUR
DONATUR
Posts: 16
Joined: 22 Sep 2018, 13:51
Reputation:

Post by Jahanam » 22 Sep 2018, 16:12

Ayukkk nihhh mancing kitaaa....
Biasa sebulan sekali mancing nih...


Cukjaran
WARGA CelapCelup
WARGA CelapCelup
Posts: 10
Joined: 08 Nov 2018, 02:13
Reputation:

Post by Cukjaran » 08 Nov 2018, 02:31

Enakan juga mancing konde hu..

Post Reply

Return to “Fishing”